20111114

PALEMBANG – Masih dalam rangkaian Festival Musi 2011,

Senin, 14 November 2011 01:21 PALEMBANG – Masih dalam rangkaian Festival Musi 2011, pemerintah kota ini kemarin (13/11), menggelar lomba perahu naga (dragon boat). Sama seperti lomba bidar tradisional dan perahu hias yang digelar sehari sebelumnya, Sabtu (12/11), kegiatan berlansung di Sungai Musi Palembang.
    Acara dihadiri oleh Wali Kota-Wakil Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT dan Romi Herton SH MH, serta segenap pejabat di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.    Dalam perlombaan kali ini, para peserta harus menempuh jarak sekitar 200 meter dari 35 Ilir, start di Sekanak dan finis di Benteng Kuto Besak (BKB).
Pantauan Sumatera Ekspres, acara berlangsung meriah, disaksikan ribuan warga mulai dari orang tua, dewasa hingga anak-anak. Meski babak penyisihan baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, para warga sudah mulai berdatangan sejak 09.30 WIB. Saat babak final, jumlah penonton yang menyaksikan perlombaan semakin ramai, mereka tumpah ruah di tepian Sungai Musi, sepanjang BKB.
    Tim PT Pelindo berhasil menjadi yang terbaik dengan memborong juara pertama di kedua kategori lomba baik putra dan putri. Pada babak final putri, tim PT Pelindo dengan catatan waktu 1 menit 42 detik, unggul sedetik dari peringkat kedua, tim Satpol PP Palembang dengan waktu 1 menit 43 detik. Kemudian juara III dan harapan ditempati tim Polsek Seberang Ulu (SU) II (1 menit 45 detik) dan tim Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang (1 menit 46 detik).
    Sedangkan untuk lomba perahu naga putra, tim PT Pelindo keluar sebagai juara setelah berhasil mencatatkan waktu terbaik yakni 1 menit 23 detik, unggul 2 detik dari saingan terdekatnya tim Kabupaten Empat Lawang A dengan waktu 1 menit 25 detik. Sementara posisi ketiga ditempati tim Dinas Sosial (Dinsos) Palembang (1 menit 29 detik), juara harapan oleh tim Empat Lawang B (1menit 31 detik).
    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang, Mirza Fansuri, melalui Kabid Objek dan Daya Tarik Wisata Ahmad Zazuli mengatakan, lomba diikuti 17 tim terdiri dari 12 tim putra dan 5 tim putri berasal dari dalam dan luar kota.
     “Bagi pemenang kita siapkan hadiah berupa trofi dan sejumlah uang pembinaan,” ujarnya. Untuk juara I putra, memperoleh uang pembinaan sebesar Rp30 juta, juara II Rp20 juta, juara III Rp15 juta dan juara harapan sebesar Rp10 juta.
    Sedangkan untuk juara I putri uang pembinaan sebesar Rp7 juta, juara II Rp5 juta, juara III Rp3 juta dan juara harapan Rp2 juta. “Kita berharap acara ini dapat menjadi salah satu alternatif hiburan dan wisata bagi warga dan para tamu SEA Games XXVI,” tukas Zazuli.
    Sementara itu, acara dihadiri oleh Wali Kota-Wakil Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra MT dan H Romi Herton SH MH. Tampak hadir sejumlah pejabat di jajaran Pemkot Palembang seperti Asisten II Apriadi S Busri, Asisten IV Erwin R Bakri, Kasatpol PP Aris Saputra.
    Wako Eddy dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah ikut serta bersama pemerintah untuk menyukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). “Jaga terus keamanan, kenyamanan dan kondisi kondusif seperti yang terjadi saat ini,” tukasnya.(mg13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar