20111116

Serangan DOS

Memahami Serangan DOS


Apakah itu DoS
Denial of service adalah suatu serangan yang tujuannya mencegah pengguna menikmati layanan yang diberikan server. Server sesuai namanya adalah pelayan yang harus selalu siap melayani permintaan pengguna/konsumen, yang umumnya beroperasi 24 jam tanpa henti. Contohnya adalah web server yang bertugas melayani pengunjung web menyediakan informasi dalam bentuk halaman html. Dalam kondisi normal, pengunjung dapat meminta resource dari web server untuk ditampilkan dalam browsernya, namun bila web server terkena serangan DoS maka pengunjung tidak bisa menikmati layanan web server.

Secara umum ada 2 cara melakukan serangan DoS:

1.Mematikan Server
2.Menyibukkan Server
- Tanpa bug/vulnerability
- Melakukan-exploit bug/vulnerability
DoS dengan Mematikan Server
Tujuan serangan ini adalah membuat server shutdown, reboot, crash, “not responding”. Jadi serangan ini menghasilkan kerusakan yang sifatnya persisten artinya kondisi DoS akan tetap terjadi walaupun attacker sudah berhenti menyerang, server baru normal kembali setelah di-restart/reboot.

DoS dengan Menyibukkan Server
Jenis DoS ini bersifat sementara, server akan kembali normal bila attacker berhenti mengirimkan request yang membuat sibuk server.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa seranga DOS ini adalah
serangan yang membuat server tidak bisa melayani pengguna yang sesungguhnya. Berikut adalah jenis-jenis serangan DoS berdasarkan cara melakukan serangan:

- Mematikan Server => untuk membuat server menjadi crash, hang, reboot.
- Menyibukkan Server => mengirim banyak sekali request untuk membuat server sibuk.
1.Exploiting bug: mengirim banyak specially crafted request. Jumlah request
tidak sebanyak jenis DoS yang menyibukkan server dengan normal request.
2.Normal request: mengirim banyak request normal seperti pengguna biasa. Diperlukan jumlah request yang lebih banyak dibandingkan jenis DoS yang menyibukkan server dengan exploit bug. Biasanya menggunakan botnet secara terdistribusi.

kurang lebih seperti uraian diatas,bila ada kurang lebihnya mohon di maafkan
di rangkum dariSUMBER UTAMA dan dari sumber² lainnya
- regar -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar